Jumat, 09 Desember 2016

Jadi Milik Indonesia, Apa yang Berubah dari BBM?


Jakarta - Perjanjian lisensi jangka panjang BlackBerry Messenger (BBM) dengan PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) menjadikan status aplikasi pesan instant tersebut milik Indonesia. Selain itu, adakah yang berubah?
CEO BBM Matthew Talbot mengatakan, dengan kondisi sekarang, hal yang berubah tentunya operasional BBM kini berada di bawah naungan EMTEK, terpisah dari BlackBerry yang mengurus bisnis handset.

Dengan menjadi bagian dari EMTEK, BBM melakukan banyak investasi secara signifikan dan menurutnya, kini BBM punya lebih banyak sumber daya yang bisa mempercepat pertumbuhannya dan pengembangannya.

"Saya kini punya developer, produk, analis data dan sumber daya lain yang membantu kami terus membangun aplikasi ini. Karena kami harus membuat lebih banyak konten lokal untuk BBM," kata Matthew ketika ditemui detikINET.

Akuisisi EMTEK pada pertengahan 2016 lalu memang memunculkan harapan baru bagi BBM. Proses ini diyakini memberi kekuatan baru bagi BBM untuk lebih memahami pengguna di Indonesia. Selain itu, kelebihan EMTEK untuk urusan media pun memudahkan BBM menyuntikkan konten lokal ke layanannya.

Jadi Milik Indonesia, Apa yang Berubah dari BBM?Foto: detikINET/Rachmatunnisa
"Semua kerjasama kami, entah itu dengan Bukalapak, konten berita, video, semua pembuat konten lokal yang bekerjasama dengan kami, membuat konten untuk BBM. Ya, tentu. Kami punya fokus besar memproduksi lebih banyak konten lokal," sebutnya.

Dikatakannya, BBM saat ini punya 64 juta pengguna aktif di Indonesia. Sebanyak 75% di antaranya adalah pengguna aktif harian. Matthew juga mengatakan, rata-rata pengguna menghabiskan 30 menit per hari di BBM. Itu sebabnya, BBM ingin membuat penggunanya makin lengket dengan messenger tersebut dengan menawarkan banyak hal.

"Kalau Anda lihat, kita punya menu discover. Di sinilah kita taruh semua layanan dan konten. Anda bisa lihat berita yang sudah kami kurasi, konten video. Kami juga mengintegrasikan top up pulsa, pembayaran, belanja di Bukalapak, main game, dapat kupon. Jadi Anda tak perlu buka aplikasi lain, semua di dalam BBM," tutupnya
(rns/fyk)

Source link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar